Balitbang Riau Kembangkan Teknologi Pertanian | Berita Riau, Pekanbaru Terkini Serta Daftar Kode Pos Indonesia

Berita Riau : » Balitbang Riau Kembangkan Teknologi Pertanian

Balitbang Riau Kembangkan Teknologi Pertanian

Berita Riau – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pemerintah Provinsi Riau mengembangkan teknologi pertanian. Pengembangan itu untuk menyejahterakan masyarakat dan mengoptimalkan pembangunan pertanian.

Kepala Balitbang Riau Tengku Dahril menyatakan, salah satunya program pengembangan teknologi pertanian adalah pemanfaatan lahan seluas 30 hektar di Pesantren Teknologi Pekanbaru. Balitbang Riau mengelola lahan pertanian dengan melakukan penelitian dan pengembangan yang berkualitas.

Disebutkan, kajian dan penelitian di lahan tersebut sudah banyak dilakukan, termasuk aplikasi bioteknologi untuk seleksi bibit sagu unggul, dan optimalisasi pemanfaatan limbah sagu menjadi pruduk unggulan masyarakat Riau.

Ia mengatakan, pengembangan bioetanol yang berasal dari tanaman Jepang sejenis jagung yang bernama shorghum juga dikembangkan di lahan tersebut.

Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) juga melakukan pengembangan teknologi dalam bidang pertanian, salah satunya yaitu pengembangan bibit unggul tanaman padi, gandum dan tanaman pangan lainnya yang merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat di Riau.

Ia melanjutkan, Balitbang Provinsi Riau, juga melakukan pengembangkan terhadap pengembangan sumber energi alternatif dari tanaman, seperti yang dilakukan terhadap tanaman sorghum untuk bahan bioetanol.

Dahril menjelaskan, di Jepang tanaman shorgum dalam empat bulan tingginya bisa mencapai empat meter, sementara uji coba oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Cibinong, Jawa Barat, dalam empat bulan tingginya mencapai lima meter.

Dia mengatakan, kajian-kajian bioteknologi pembudidayaan tumbuhan langka khas Riau adalah dalam rangka konversi sumber daya alam dan pelestarian tumbuh-tumbuhan khas. Dalam kajian lainya BPP bersama Balitbang Riau, juga melakukan kajian terhadap pengembangan sepeda listrik yang ramah lingkungan dan tidak menggunakan sumber energi dari BBM atau aliran listrik PLN.

Balitbang juga bekerja sama dengan LIPI untuk lebih mendorong percepatan pembangunan daerah melalui kebijakan serta kegiatan yang berbasis pada hasil-hasil penelitian dan pengembangan untuk kemasalahatan masyarakat Riau. Sumber ZamrudTV.com

Posted by 0 Responses
 
   

No Comment to “Balitbang Riau Kembangkan Teknologi Pertanian”

  1. Comments are closed.
Apr
25
2013
 
Sponsor
Advertisement