Harga Bawang Putih Turun di Jawa dan Padang | Berita Riau, Pekanbaru Terkini Serta Daftar Kode Pos Indonesia

Berita Riau : » Harga Bawang Putih Turun di Jawa dan Padang

Harga Bawang Putih Turun di Jawa dan Padang

Berita Riau (PendidikanRiau.com News) – Pasca keluarnya 332 kontainer atau sekitar 10.000 ton bawang putih, dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, harga bawang putih di pasaran berangsur-angsur turun. Bawang putih tersebut dilepas ke pasar seharga Rp 15.000 per kilogram.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dalam jumpa pers bersama Menteri Pertanian Suswono, di kantor Kementerian Perdagangan, Senin (18/3) menyebutkan, dari pantauan di pasar, Senin(18/3) harga bawang putih sudah bergerak turun sekitar 5%-10%.

 

“Diharapkan dalam beberapa hari ke depan harga bisa kembali normal,” kata Gita.

Menurut Gita, pihaknya bersama Kementerian Pertanian telah memutuskan untuk melepas 332 kontainer bawang putih, yang tertahan di Tanjung Perak Surabaya.

“Mereka dilepas karena sudah melengkapi rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) dan surat persetujuan impor (SPI). Dari jumlah itu sebanyak 39 kontainer sudah dilepas pada Jumat pekan lalu. Sisanya akan dilepas secara bertahap,” katanya.

 

Harga Bawang Putih dan Bawang Merah Mulai Turun di Padang
Mulai Senin(18/3) harga komiditi sayur, bawang putih dan bawang merah mulai turun di Pasar Raya Padang. Harga bawang putih sudah dijual Rp35 ribu per kilogram dan bawang merah turun menjadi Rp28 ribu per kilogram.

Turunnya harga bawang di Kota Padang disebabkan mulai banjirnya pasokan bawang putih dan bawang merah di pasaran. Sebelumnya, selama satu minggu belakangan, harga bawang putih mencapai Rp50 ribu per kilogram. Sementara bawang merah mencapai Rp45 ribu per kilogram.

 

Bahri, salah seorang pedagang di pasar Raya Padang menyebutkan turunnya harga bawang merah karena pasokan bawang merah mulai lancar dari pulau Jawa ke Padang.

“Banyaknya stok bawang merah, mempengaruhi turunnya harga bawang merah. Apalagi dari informasi yang beredar, pemerintah sudah mulai melakukan impor bawang merah,” kata Bahri, (18/3).

 

Walau sudah turun, para pedagang mengaku minat beli masyarakat kepada bawang putih dan bawang merah masih rendah. Para pembeli mengaku harga yang sudah turun itu masih tinggi, menurut kemampuan mereka.

Sumber ZamrudTV.com
Butuh Informasi Catering Pekanbaru ?

Posted by 0 Responses
 
   

No Comment to “Harga Bawang Putih Turun di Jawa dan Padang”

  1. Comments are closed.
Mar
19
2013
 
Sponsor
Advertisement